Sebenarnya males mau nulis ini, entar dikira curhat. Tapi emang keadaannya seperti ini sih.

Dari beberapa situs yang kami pantau, satu persatu tumbang. Alasannya, jelas uang nggak masuk seperti apa yang diharapkan – mimpi indah telah musnah.

Kamu bisa membaca Tantangan Publisher adanya Adblock di UC Browser dan Opera Mini dimana situs-situs yang ditujukan ke anak muda, mulai compang camping di tahun 2016.

Sementara, salah penyebab utamanya adalah banyak pengguna menggunakan penghalang iklan dengan browser yang telah terpasang plugin Adblock, dan faktanya salah satu browser yang menggagas penghalang iklan tersebut adalah  UC Browser Paling Popular di Indonesia

Nggah berhenti sampai situ, hampir semua browser dengan mudahnya untuk memasang plugin anti iklan.

Sebelum ramainya adblock, Indonesia sendiri bukanlah target pasar yang kompetitif untuk pemasangan iklan. Saya pernah berkonsultasi sama ahli internet marketing, blog atau website Adsense dengan pengunjung 1000 perhari itu percuma. Kecuali untuk situs yang sangat spesifik.

Sebagai contoh, saya menemukan keluhan dari seorang publisher. Dari waktu ke waktu, pendapatannya semakin menurun. Yang jadi pertanyaan, bayar penulis pake apa?

Ternyata, website yang mulai ngos-ngosan tidak hanya yang ditujukan untuk anak muda saja, bahkan dengan niche umum, teknologi, atau edukasi sekalipun, mulai berada di ujung tanduk.

Dan salah satu blog tutorial yang cukup terkenal, Juragan Cipir mulai nggak konsisten untuk membuat postingan baru. Peringkatnya anjlok.

Or… malesbanget.com

atau nyunyu.com yang dulunya punya puluhan ribu pengunjung tiap harinya, akhirnya, situs tidak dapat diakses (saya cek 31 Desember 2016)

 

Gambar kartun khas nyunyu

Ok, tahun 2016 mungkin bukan tahun yang keren yang untuk publisher. Tapi tahun 2016 adalah pesta besar bagi netizen. Mereka adalah raja. Mulai dari show off di instagram sampai meramaikan om telolet om.

Bagaimana dengan tahun 2017?

Mediamuda.com : Dead or Alive?

Dibikin happy aja…

Happy new year…